metode CSMA/CA & CSMA/CD

Metoda akses : CSMA/CD

Metoda akses yang digunakan ethernet dalam LAN disebut carrier sense multiple access with collision detection disingkat CSMA/CD. Maksudnya, sebelum komputer/device mengirim data, komputer tersebut “menyimak/mendengar” dulu media yang akan dilalui sebagai pengecekan apakah komputer lain sedang menggunakannya, jika tidak ada maka komputer/device akan mengirimkan data nya. Terkadang akan terjadi dua atau lebih komputer yang mengirimkan data secara bersamaan dan itu akan mengakibatkan collision (tabrakan). Bila collisionterjadi maka seluruh komputer yang ada akan mengabaikan data yang hancur tersebut. Namun bagi komputer pengirim data, dalam periode waktu tertentu maka komputer pengirim akan mengerim kembali data yang hancur akibat tabrakan tersebut.


gambar metoda akses CSMA / CD

Metode Akses : CSMA/CA
Di suatu jaringan yang menggunakan metode akses CSMA/CA, ketika komputer mempunyai data untuk ditransmisikan, NICnya terlebih dahulu mengecek kabel apakah sudah ada data yang siap di kabel. Sejauh ini, proses ini ada juga di CSMA/CD.
Namun, jika NIC meresakan bahwa kabel tidak digunakan, NIC tidak akan mengirim paket datanya. Dia akan mengirimkan sinyal yang menandakan bahwa NIC mungkin mentransmisikan data luar menuju kabel.

Kelebihan CSMA/CA 
Efektif : Menghindari data yang bertubrukan
Relativ Lambat : Sinyal penanda harus dikirim setiap waktu ketika komputer ingin mentransmisikan penyebab
Handal : Sinyal yang dikirim ketika kabel benar-benar bersih dari aliran data sehingga data akan disampaikan dengan aman sampai tujuan.

Kelemahan CSMA/CA
Tidak cocok untuk jaringan besar/aktif.
Terbatas : memiliki keterbatasan jarak yang sama dengan CSMA / CD karena harusmendengarkan dari sinyal.

Comments

Popular posts from this blog

Entity Relationship Diagram (ERD) Minimarket

Sistem Informasi Pertanahan

RPL