CSMA/CA


Apa itu CSMA/CA ?
Metode akses Carrier-Sense Multiple Access/Collision Avoidance atau yang disingkat (CSMA/CA) mempunyai beberapa kesamaan karakteristik dengan CSMA/CD(Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection). Perbedaannya terletak pada tiga komponen terakhir. CSMA/CD mendeteksi data yang bertabrakan, sedangkan metode CSMA/CA berusaha untuk menghindari tubrukan data tersebut.
Walaupun secara teori itu bagus, metode yang menggunakan CSMA/CD menyebabkan beberapa permasalahan, ini merupakan salah satu mengapa metode akses CSMA/CA lebih populer daripada CSMA/CD.
Bagaimana CSMA/CA bekerja ?
Di suatu jaringan yang menggunakan metode akses CSMA/CA, ketika komputer mempunyai data untuk ditransmisikan, NICnya terlebih dahulu mengecek kabel apakah sudah ada data yang siap di kabel. Sejauh ini, proses ini ada juga di CSMA/CD.
Namun, jika NIC meresakan bahwa kabel tidak digunakan, NIC tidak akan mengirim paket datanya. Dia akan mengirimkan sinyal yang menandakan bahwa NIC mungkin mentransmisikan data luar menuju kabel.
Kelebihan CSMA/CA
Kelemahan CSMA/CA
Efektif : Menghindari data yang bertubrukan
Relativ Lambat : Sinyal penanda harus dikirim setiap waktu ketika komputer ingin mentransmisikan penyebab
Handal : Sinyal yang dikirim ketika kabel benar-benar bersih dari aliran data sehingga data akan disampaikan dengan aman sampai tujuan.
Tidak cocok untuk jaringan besar/aktif.

Terbatas : memiliki keterbatasan jarak yang sama dengan CSMA / CD karena harus mendengarkan dari sinyal.

Comments

Popular posts from this blog

Entity Relationship Diagram (ERD) Minimarket

Sistem Informasi Pertanahan

RPL