Kisi-Kisi Basis Data

kisi* basis data
1. Jelaskan mengapa desain basis data penting.
2. Apa yang dimaksud dengan entitas komposit, dan kapan digunakan?
3. Apa yang dimaksud dengan attribut turunan? berikan contohnya.
4. Jelaskan beberapa istilah di bawah ini:
     a. Data
     b. Informasi
     c. Basis Data
     d. DBMS (Database Management System)
5. Sebutkan dan jelaskan 3 level abstraksi data.
6. Jelaskan perbedaan DDL (Data definition Language) dan DML (Data manipulation language).
7. Sebuah sistem olah raga mempunyai 4 (empat) entitas: Tim, Pemain, Pelatih, dan Orang Tua. Buatlah relasi antar entitas tersebut dan tentukan level kardinalitasrelasinya dalam bentuk ERD (hanya relasi & kardinalitas saja).
8. Sebuah sistem kepegawaian memiliki aturan “seorang pegawai dapat memiliki beberapa ijazah pendidikan”, jelaskan efek aturan tersebut pada atribut, entitas, dan relasi dalam perancangan basis data menggunakan model relasional (Berhubungan dengan multivalued attribute).

jawaban :
-basis data :adalah suatu kumpulan atau kesatuan dari data yang dapat di presentasikan sebagai kegiatan dari organisasi/kumpulan yang saling berhubungan untuk dapat di gunakan kembali dengan cepat dan mudah dalam prosesnya.
-Entitas adalah suatu objek yang dapat didefinisikan dalam lingkungan pemakai, sesuatu yang penting bagi pemakai dalam konteks sistem yang akan dibuat. Sebagai contoh pelanggan
-atribut turunan merupakan atribut yang didapat dari atribut lainnya.Pada entitas pegawai terdapat atribut nomor induk yang biasanya terkandung nilai tahun masuk, contoh NIP =5195025, berarti Pegawai yang bersangkutan masuk pada tahun 1995),
-Data adalah fakta yang dapat ditulis atau digambarkan berupa gambar,tulisan,simbol danlain-lain yang mengenai objek di sekeliling kit
-Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.
-DBMS adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.
-Abstraksi adalah data merupakan tingkatan/level bagaimana melihat data dalam sebuah sistem basis data.
ada tiga level abstraksi yaitu:
1.Level Fisik (Physical Level)
Pemakai melihat data sebagai gabungan dari struktur dan datanya sendiri dan berkompeten dalam mengetahui bagaimana representasi fisik dari penyimpanan/pengorganisasian data (teks, angka, himpunan bit data, dll).
2.Level Lojik/Konseptual (Conseptual Level)
menggambarkan data apa yang sebenarnya (secara fungsional) disimpan dalam basis data dan hubungannya dengan data yang lain.
3.Level Penampakan (View Level)
Untuk pemakai yang hanya membutuhkan sebagian data/informasi dalam basis data yang kemunculannya di mata pemakai diatur oleh aplikasi end-user.

perbedaan ddl sma dml :
-DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya
-DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel.

Comments

Post a Comment

Thank You

Popular posts from this blog

Entity Relationship Diagram (ERD) Minimarket

Sistem Informasi Pertanahan

RPL