Tomcat

serangga Tomcat


Tomcat, Nama itu kini tidaklah asing di telinga kita semua. bagi yang belum tau Tomcat itu apa sie..??
apakah tomcat itu kucing tom....???????
hhahha becanda, tomcat bukanlah aktor di film kartun TOM & JERRY, di sini tomcat adalah seekor kumbang Rove atau lebih dikenal dengan nama daerah semut semai, semut kayap. hewan ini memiliki ukuran yang kecil yakni cuma 1 Cm saja untuk panjangnya, ia memiliki badan berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan untuk kepalanya berwarna gelap. di bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua memiliki sayap keras.

biasanya sih, hewan ini terlihat merangkak dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam pandangan sekilas akan terlihat seperti seekor semut. jika kumbang ini di ganggu maka ia akan menaikkan abdomen agar terlihat seperti kalajengking (pinter juga ya kamuflasenya),
habitatnya sebenarnya ada di sawah, ia memakan wereng, kepik dan hewan pengganggu padi lainnya (sahabat bapakku nie hheehhe). ia juga berkembang biak di tempat yang lembab.

nha si tomcat ini sebenarnya tidak menggigit ataupun menyengat, dia cuma mengeluarkan cairan otomatis bila mengalami benturan atau bersentuhan dengan kulit manusia. gawatnya lagi dia juga akan mengeluarkan cairan terhadap benda-benda seperti handuk, baju ataupun benda-benda lainnya. meskipun si tomcat ini tidak menggigit namun ia memiliki cairan di dalam tubuhnya kecuali sayapnya yaitu berupa toksin hermolin yang disebut sebagai Paederin="gatal-gatal".
Paederin inilah yang menyebabkan bengkak hebat, selain kondisi normal ada juga kondisi terberat yaitu muncul gejala tambahan seperti demam, nyeri persyarafan, nyeri tulang, dan muntah.

bagaimana penangannanya..??
Ada sedikit tips nie, kalau kulit terkena racun tomcat segeralah dicuci menggunakan sabun. jangan di olesi dengan odol, minyak kayu putih, balsem, ataupun minyak tawon. karna hal itu hanya akan memperparah reaksi dari racun tomcat.

sedikit catatan: mereka mungkin berdemo karna kenaikan harga BBM jadi makanan mereka terganggu di sawah jadi berkurang makanya mereka sekarang turun kejalan-jalan buat menyampaikan aspirasi mereka dengan cara yang berbeda
Hahahahahahahah 

Comments

Popular posts from this blog

Entity Relationship Diagram (ERD) Minimarket

Sistem Informasi Pertanahan

RPL